Perbedaan Panel AFM ATS Dilihat Dari Fungsinya

Generator set atau yang dikenal oleh masyarakat umum dengan nama genset ini merupakan sebuah alat yang dapat mensuplai tenaga listrik ketika sumber utamanya mati. Sumber daya listrik utama biasanya berasal dari pusat atau PLN. Nmun ketika Sumber daya utama mengalami pemadaman maka membutuhkan sumber daya alternatif lain untuk menggantikannya. Menggunakan genset inilah sumber daya listrik dapat digantikan sementara sesuai dengan daya yang dibutuhkan. Oleh karena itu peralatan yang dapat dijalankan hanya menggunakan sumber daya listrik tetap dapat berjalan dengan semestinya.

 

Di tempat-tempat yang membutuhkan sumber daya listrik yang besar biasanya menggunakan genset yang dan panel-panel yang berfungsi untuk mempermudah pengoperasian genset tersebut. Tempat tersebut biasanya merupakan industri besar seperti pabrik atau kantor besar yang memiliki tempat luas serta sumber daya listrik bercabang. Panel-panel tersebut juga cukup beragam seperti contohnya yaitu panel AFM ATS terbaik, paneCam Starter Switch Generator, dan yang lainnya. Panel yang paling sering banyak digunakan yaitu panel AFM ATS. Kegunaan dari panel ini merupakan pengganti dari adanya operator listrik yang dapat berfungsi secara otomatis. Panel AMF sendiri merupakan singkatan dari Automatic Main Failure. Fungsi dari panel ini cukup sederhana namun sangat bermanfaat yaitu untuk mengaktifkan dan menonaktifkan genset. Hal ini tentu sangat praktis terlebih ketika terjadi pemadaman dari listrik pusat yang mengakibatkan sumber daya listrik utama mati. Secara otomatis panel ini akan mengaktifkan genset dan ketika sumber daya listrik utama telah kembali aktif maka genset akan dinonaktifkan secara otomatis. Selain itu panel ini sering disebut sebagai panel AFM ATS. Secara singkat panel ini berfungsi untuk melakukan kontrol terhadap sistem on dan off pada generator yang bersifat secara otomatis.

 

Sedangkan panel ATS atau Automatic Transfer Switch sendiri merupakan panel yang memiliki fungsi untuk mengalihkan sumber aliran listrik secara otomatis. Hal iniĀ  dapat membuat pekerjaan menjadi lebih praktis ketika harus mengalihkan sumber aliran listrik utama ke sumber aliran listrik otomatis alternatif yang lainnya. Selain itu panel-panel ini juga membuat kinerja menjadi lebih aman lagi karena dapat dilakukan secara otomatis tanpa harus dilakukan manual oleh seseorang.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *