Ini Alasan AVR Generator Disebut Sebagai Pengaman Tegangan Lebih

AVR generator terbaik seringkali dianggap sebagai pengatur tegangan keluar alias output voltage dan juga sebagai pengatur tegangan jatuh alias drop voltage. Kedua fungsi tersebut memang tampak begitu penting adanya, terutama bagi genset itu sendiri. Tetapi ada satu lagi fungsi utama dari AVR genset yang kiranya tak kalah penting juga untuk diketahui, yaitu fungsinya sebagai pengaman tegangan lebih alias over voltage. Kata pengaman memang kiranya tak berlebihan disematkan, karena memang merupakan kondisi yang tidak aman apabila terjadi tegangan lebih alias over voltage.

AVR generator terbaru dapat melakukan fungsi tersebut karena dilengkapi dengan komponen  pengaman over current exciter, sehingga ketika genset diberikan beban daya lebih dari kemampuan genset itu sendiri maka secara otomatis AVR genset bakal berupaya mengirimkan tegangan yang besar pula menuju gulungan exciter.

Apabila arus yang dikirimkan menuju exciter lebih dari batas yang telah diatur pada AVR generator, maka rangkaian listrik dari AVR genset menuju gulungan exciter bakal terputus. Hal tersebut sekaligus menjadi penyebab gulungan utama genset tidak bakal mengeluarkan tegangan kembali.

Melihat dari penjelasan mengenai AVR generator sebagai pengaman tegangan berlebih di atas, maka semakin menegaskan pentingnya kehadiran AVR pada genset. Sehingga wajar rasanya jika banyak penjual genset yang lebih merekomendasikan genset yang sudah dibekali AVR di dalamnya daripada yang belum. Meskipun konsekuensi logisnya adalah membuat harga yang ditawarkan untuk genset semacam itu jelas cenderung lebih tinggi.

Selain itu hal di atas juga memperingatkan kepada pengguna genset sekalian bahwa memperhatikan tegangan merupakan hal yang mutlak perlu dilakukan. Bagi yang baru pada tahap memilih genset, memperhatikan spesifikasi genset secara lebih detail kiranya perlu dilakukan guna meminimalkan gangguan pada genset seperti adanya tegangan berlebih. Meskipun memang sudah ada AVR genset yang akan mengamankannya.

Sebagai penutup, kembali harus diingatkan bahwa kehadiran AVR generator sudah bukan hal yang bisa ditawar lagi. Apalagi perannya cukup krusial, selain sebagai pengaman tegangan lebih juga sebagai pengatur output voltage alias tegangan keluar dan pengatur drop voltage alias tegangan jatuh.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *