Sebelum Mengoperasikannya, Berikut Tips Menggunakan Genset Silent

Seringnya terjadi pemadaman listrik bergilir secara rutin, berhasil menyadarkan masyarakat akan pentingnya memiliki genset silent. Sayangnya masih banyak yang belum memahami betul bagaimana cara mengoperasikan alat pembangkit listrik tersebut dengan benar. Sebelum terjadi kerusakan, silahkan simak ulasan singkat terkait cara mengoperasikannya berikut.

Tips Mengoperasikan Generator Set yang Benar

1. Memeriksa Bahan Bakar

Genset merupakan alat pembangkit listrik cadangan yang membutuhkan bahan bakar untuk menyalakan mesinnya. Apabila tangki bahan bakar mulai kosong, tentu saja alat canggih ini tidak dapat menghantarkan listrik yang dibutuhkan penggunanya. Oleh sebab itu, periksalah bahan bakar yang tersedia pada tangki genset silent sebelum mengoperasikannya.

2. Periksa Kondisi Accu

Memeriksa kondisi Accu tidak kalah penting untuk dilakukan. Apabila mesin genset sontak menyala ketika ditekan tombol start, maka Accu dalam kondisi prima. Namun Anda patut curiga ketika mesin tidak berhasil menyala ketika menekan tombol start berulang kali. Sebab kondisi tersebut bisa menandakan bahwa adanya masalah pada konektor atau kabel Accu.

3. Nyalakan Mesinnya

Tips Mengoperasikan Generator Set yang Benar

Ketika serangkaian pemeriksaan sederhana sudah dilakukan, kini saatnya untuk mulai menyalakan mesinnya. Pertama tama, lakukan choke sebelum mesin genset silent dinyalakan. Pastikan posisi choke berada di puncak logo segitiga. Selanjutnya posisikan saklar mesinnya pada posisi on, lalu atur tuas pengaturan udara menjadi on.

4. Lakukan Pemanasan

Layaknya kendaraan bermotor, dimana sang pemilik disarankan untuk tidak menggunakan alat pembangkit listrik ini secara langsung. Sebaiknya lakukan pemanasan kurang lebih 5 hingga 10 menit saja, untuk memastikan perputaran sistem kerja mesinnya tetap stabil sebelum menambahkan beban secara bertahap.

Pemberian beban secara bertahap membantu mesin untuk beradaptasi dengan baik. Dengan cara ini, dijamin genset silent mampu menghantarkan daya listrik berkualitas sesuai dengan kapasitas yang dihasilkannya. Usai digunakan, sang pemilik juga perlu memberikan perawatan agar performa mesinnya tetap terjaga.

Setiap orang memiliki keinginan untuk membeli sebuah produk berkualitas dari merk ternama. Namun akan menjadi sebuah bencana jika Anda hanya tertarik membelinya semata, tanpa dibekali dengan pengetahuan dasar seperti cara mengoperasikannya dengan tepat. Inilah mengapa penting membaca buku petunjuk penggunaan agar tidak salah langkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *