Turunkan Resiko Kerusakan Pada Genset Silent, Berikut Tips Merawatnya

Membeli generator set berkualitas merupakan sebuah harapan setiap orang. Namun akan lebih baik jika harapan tersebut diimbangi dengan kesadaran pentingnya memberikan perawatan rutin pada genset silent kesayangan. Tidak boleh sembarangan, berikut tips jitu merawat generator set dengan benar sesuai kebutuhannya.

Tips Perawatan Generator Set Type Silent

1. Mengoperasikan Sesuai Prosedur

Setiap konsumen yang membeli genset di distributor resmi, umumnya akan mendapatkan buku panduan terkait cara mengoperasikan alat pembangkit listrik hingga tips merawatnya. Sayangnya sebagian orang kerap kali mengabaikan buku panduan tersebut, tanpa pernah mengetahui informasi dasar seperti cara mengoperasikannya dengan tepat.

Genset silent dapat menyala sempurna meski tidak mematuhi prosedur yang ada. Namun lambat laun, Anda mulai merasakan bahwa alat tersebut mulai mengalami penurunan performa akibat kecerobohan dari sang pemiliknya. Inilah mengapa pentingnya mengoperasikan genset sesuai dengan prosedur yang tertera pada buku panduan.

2. Simpan di Tempat yang Tepat

Tips Perawatan Generator Set Type Silent

Memastikan jika genset silent disimpan di tempat yang tepat, termasuk langkah perawatan sederhana yang wajib dilakukan. Disarankan untuk meletakkan genset di luar ruangan atau bahkan di sebuah ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebab alat canggih ini akan mengeluarkan gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Tidak hanya lokasi penyimpanan, ternyata posisi generator juga tidak kalah penting diperhatikan. Jika memungkinkan, letakkan genset di permukaan datar agar mesinnya tidak mudah berpindah tempat akibat getaran saat mesin dioperasikan. Selain menekan resiko kerusakan dini, cara ini membantu genset agar bekerja optimal.

3. Pemeriksaan Rutin

Genset merupakan alat yang hanya dicari ketika terjadi pemadaman mendadak atau karena adanya sebuah acara tertentu. Dengan kata lain, genset silent bukanlah sumber daya listrik utama yang membuatnya jarang digunakan. Meski demikian, sudah kewajiban Anda untuk tetap memberikan perawatan rutin demi menjaga performa mesinnya.

Meski disebut sebagai alat pembangkit listrik cadangan, tentu saja genset membutuhkan perawatan rutin demi menjaga performa mesinnya. Bahkan perawatan yang harus diberikan tidak selalu menguras waktu dan tenaga Anda. Cukup dengan memeriksa setiap komponen secara rutin hingga mengoperasikan sesuai prosedur, maka genset menjadi lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *