Perhatikan 6 Tips Ini Sebelum Membeli Genset Diesel Bekas

Membeli genset diesel baru mungkin untuk sebagian orang sangat berat karena harga genset yang cukup mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Sehingga ada sebagian orang yang lebih memilih untuk membeli genset bekas. Genset bekas tentu saja harganya lebih murah, namun kualitas dari genset perlu untuk dipertanyakan.

Ketika membeli genset bekas sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan juga selektif. Pastikan Anda membeli genset bekas yang masih layak digunakan atau masih bagus. Sebaiknya sebelum membeli genset bekas harus melakukan survei terlebih dahulu. Untuk memudahkan Anda dalam menemukan genset bekas yang masih prima, maka perhatikan 6 tips berikut ini:

  • Lihat bagaimana pemilik genset

Sebelum membeli genset bekas pastikan Anda melihat bagaimana pemilik genset atau penjual genset bekas. Penulis sarankan Anda membeli genset bekas dari orang yang paham tentang bagaimana cara merawat genset.

Dengan membeli genset bekas kepada orang yang pandai dalam perawatan, maka kemungkinan besar genset tersebut masih dalam keadaan baik. Jika ada kerusakan pada genset sekalipun dapat dipastikan tidak terlalu banyak sehingga ketika dilakukan pembenahan, maka biaya yang dihabiskan tidak terlalu banyak.

Selain itu jika Anda membeli genset ditempat distributor genset bekas, pastikan distributor tersebut terpercaya. Dengan demikian maka Anda akan mendapatkan genset dengan kualitas bagus meskipun bekas.

  • Tanyakan kepada penjual usia genset dan lama pemakaian.

Membeli genset bekas harus dilakukan secara selektif. Pilihlah genset diesel bekas yang usia pemakaian tidak terlalu lama. Dimana hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Genset yang tidak terlalu banyak digunakan pasti kualitasnya lebih baik jika dibandingkan dengan genset yang sering digunakan.

Untuk usia genset dan lama pemakaian Anda dapat langsung menanyakannya kepada penjual. Karena hanya pemilik genset sebelumnya sajalah yang mengetahui informasi tersebut. dengan demikian Anda dapat mengira-ngira apakah genset tersebut masih bagus untuk digunakan atau sebaliknya.

  • Merek genset

Salah satu yang harus dipertimbangkan ketika membeli genset bekas adalah merek dari genset itu sendiri. Pilihlah genset bekas dengan merek yang sudah terkenal bagus. Biasanya genset yang kualitasnya bagus banyak digunakan oleh para konsumen. Walaupun genset bekas dengan merek ternama dan kualitas bagus harganya cenderung stabil. Sehingga meskipun bekas harga genset tersebut masih cenderung mahal.

  • Lakukan pengujian genset

Sebelum memutuskan untuk membeli genset tersebut sebaiknya Anda melakukan pengujian terlebih dahulu. Dengan melakukan pengujian maka Anda dapat mengetahui kerja genset secara langsung. Dengan demikian maka Anda akan mengetahui kualitas dari genset.

  • Kondisi genset secara keseluruhan

Membeli genset diesel bekas sebaiknya dilakukan dengan orang yang paham tentang genset. Komponen genset sendiri sangat banyak dan semuanya saling terhubung. Sehingga jika ada satu saja komponen genset yang bermasalah maka akan mengurangi keoptimalan dari genset itu sendiri.

Lakukan pengecekan secara keseluruhan dan juga teliti pada masing-masing komponen genset. Jika genset bekas yang akan Anda beli adalah tipe silent maka pastikan Anda membuka box atau cover dari genset terlebih dahulu. Sehingga semua komponen akan terlihat dengan jelas.

  • Meminta garansi

Pada umumnya membeli genset bekas tidak ada garansi secara resmi seperti halnya membeli genset baru. Namun garansi tersebut dapat diminta dalam bentuk kesepakatan bersama. Pastikan Anda mendapatkan garansi paling tidak beberapa bulan dari pembelian genset bekas yang Anda beli.

Demikian itu adalah tips ketika membeli genset bekas, semoga bermanfaat dan Anda mendapatkan genset bekas dengan kualitas baik dan juga harga yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *